MANFAAT DAN JENIS CONTROL PANEL HOSTING

 JENIS DAN MANFAAT CONTROL PANEL HOSTING


Apa Itu Control Panel Hosting? Jenis dan Manfaatnya

Apa Itu Control Panel Hosting? Jenis dan Manfaatnya

Pernahkah kalian menggunakan Home Button yang terdapat pada PC kalian sendiri saat sedang ingin mencari atau menjalankan suatu aplikasi tanpa harus secara manual mencari direktori tempat aplikasi atau program tersebut satu per satu? Nah, layaknya Home Button yang bekerja sebagai halaman pusat bagi setiap aplikasi yang ada, hosting juga memiliki hal yang serupa. Inilah yang dinamakan dengan Control Panel Hosting yang menjadi pusat kontrol website Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas control panel hosting lebih mendalam. Mulai dari kegunaan, hingga berbagai jenisnya. Simak penjelasan selengkapnya, ya!

Apa Itu Control Panel Hosting?

Control panel hosting sendiri merupakan sebuah wadah atau hosting untuk menjalankan atau mengelola beberapa perangkat lunak (software), file, konfigurasi, database, sistem operasi, dan program lain yang membentuk website Anda. Control panel hosting merupakan tempat di mana Anda bisa mengelolanya secara terpusat, sehingga mempermudah pengguna untuk melakukan berbagai konfigurasi yang diperlukan.

Singkatnya, control panel hosting menjadi pusat kendali atas elemen website dan hosting Anda sehingga berbagai program yang Anda punya bisa dijalankan secara langsung dengan sekali klikSelain memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengkonfigurasi website, control panel juga memiliki fitur yang membuat pengguna bisa memantau sumber daya hosting yang tersedia seperti sisa storage dan RAM.  

Control panel hosting sendiri pastinya sudah familiar bagi para pengguna yang terbiasa mengelola website dan memiliki kemampuan IT tingkat lanjut. Memahami control panel hosting serta cara menggunakannya merupakan hal yang sangat krusial jika Anda ingin mulai membangun website saat ini. 

Apa Saja Manfaat Control Panel Hosting?

Apa Saja Manfaat Control Panel Hosting?

Control panel hosting  memiliki beragam manfaat dan fungsi dalam membantu pengguna untuk menjalankan website dan beberapa program aplikasi lainnya secara online. Berikut merupakan beberapa manfaat dalam menggunakan Control Panel Hosting yaitu :

Mengelola Domain dan Sub-Domain

Control Panel Hosting juga membantu pengguna dalam mengelola alamat website sehingga mampu secara efektif dijangkau oleh audiens atau kliennya yang dimana pengguna juga diberikan beberapa fitur untuk mengatur alamat website (Domain & Sub-Domain) yang diantaranya :

 Menambahkan Domain

Sebelum website dapat diakses dengan baik, maka alamat email atau Domain dari sebuah website haruslah ditambahkan terlebih dahulu dengan menggunakan  fitur pada Control Panel yang bernama Domain Add-ons

Menambahkan Sub-Domain

Berbeda dengan Domain yang menjadi induk alamat dari sebuah Website, Sub-Domain sendiri bekerja selayaknya alamat cabang dari induk website tersebut yang secara khusus menuju pada suatu menu yang ada pada Website yang dituju.

Mengelola DNS (Domain Name Server)

DNS sendiri dapat membantu bagi para pengguna internet untuk secara langsung mengakses kepada website yang tertuju dengan hanya mengetikkan nama Website yang ada tanpa harus menggunakan link atau direktori nya secara langsung.

Membuat/Mengatur Domain Directory

Fitur ini berguna untuk mengarahkan Domain website anda menuju Domain dari website yang lain.

Menghapus Domain

Jika terdapat suatu Domain atau Sub-Domain yang mungkin telah tidak dibutuhkan lagi. Domain atau alamat dari website tersebut dapat dihapus melalui Control Panel Hosting.

Menginstal Aplikasi 

Control Panel Hosting juga mampu berfungsi untuk menginstal software atau program aplikasi yang ada dalam Control Panel dan aplikasi atau program yang ada telah mampu dijalankan dengan baik tanpa harus melakukan Coding terlebih dahulu.

Namun ada juga beberapa program aplikasi atau Software yang mampu di install ke dalam Control panel Hosting yang memerlukan coding atau bahasa pemrograman khusus untuk dijalankan yang biasanya digunakan atau diperlukan bagi programmer tingkat lanjut.

Memanajemen atau Mengelola File 

Control panel juga mampu membantu pengguna untuk mempermudah mengatur proses pengiriman,penyimpanan dan penempatan file yang ada melalui Control Panel Hosting terutama jika pengguna memiliki Website yang cukup banyak sehingga diperlukan juga pengelolaan file yang cukup baik dari Hosting yang ada. Jika menggunakan dengan cara manual atau cara biasa, tentunya pengguna akan cukup sulit yang dimana harus memindahkan file online tersebut terlebih dahulu ke dalam komputer yang kemudian mengubah format file tersebut sebelum akhirnya diunggah kembali ke dalam web atau hosting yang dimiliki.

Membuat dan Mengelola Alamat Email

Di Dalam Control Panel Hosting sendiri pengguna juga mampu untuk membuat alamat atau Domain email tersendiri untuk kebutuhan Website yang cukup berbeda dengan email biasanya. Melalui dengan Control Panel Hosting, pengguna juga lebih mampu untuk mengelola dan memonitor terhadap email yang telah masuk, email yang telah dikirim, dan pengiriman atau penerimaan email yang memiliki kendala. Selain itu, Control Panel Hosting juga mampu melakukan filter terhadap alamat-alamat email ataupun email masuk lainnya sebagai spam atau akun dan email yang terpercaya.

Salah satu keunggulan lainnya dari pengelolaan alamat email melalui Control Panel Hosting adalah pengguna mampu untuk mengelola banyak email sekaligus dalam satu panel pada tiap website yang dimiliki dan pengguna mampu untuk mengatur batas dari memori yang mampu masuk ke dalam email.

Mengelola Database

Control Panel Hosting juga mampu untuk menyimpan sekaligus mengendalikan database yang dimiliki oleh pengunjung atau Audiens yang ada dengan keamanan yang tinggi dan  seperti contoh hal-hal kecilnya adalah menyimpan informasi akun-akun pengguna yang ada dan aktivitas akun pengguna di dalam website. Bagi para pelaku bisnis online, Control Panel hosting berguna dalam memberikan data-data dari jenis produk yang ditawarkan di dalam website serta memberikan rincian harga kepada para calon konsumen.

Membuat Backup Data yang Ada

Control Panel Hosting juga mampu menyalin atau menyimpan data-data yang kita miliki pad tiap Web atau hosting yang kita miliki jika sewaktu-waktu pada hosting yang kita mengalami kendala atau ingin dihapus. Control Panel Hosting sendiri mampu menyimpan berbagai jenis data yang ada seperti media,database, dan alamat email yang ada. Pengguna juga mampu mendownload atau membackup data yang ada dengan cukup memillih data-data yang akan di backup dan kemudian sistem dari Control Panel Hosting yang secara otomatis menyimpan data-data yang telah dipilih.

Berbagai Jenis Control Panel Hosting

Berbagai Jenis Control Panel Hosting

Banyak sekali manfaat yang didapat melalui Control Panel Hosting bukan? Pengguna mampu mengelola banyak data sekaligus dalam satu tempat terpusat dengan berbagai fitur yang siap membantu pengguna dalam menjalankan kebutuhan Hosting atau website nya.

Di lain sisi juga, pengguna mampu menginstal aplikasi atau program secara langsung dalam satu panel dan dapat dijalankan sekaligus yang akan benar-benar mampu menghemat waktu dan tenaga. Berikut beberapa jenis Control Panel Hosting yang cukup populer dan banyak digunakan diseluruhdunia yang mampu menjadi pilihan kamu, diantaranya:

  • Cpanel
  • Plesk
  • Webuzo
  • VestaCP
  • Cyberpanel
  • Direct Admin
  • Webmin
  • ISPmanager

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang control panel hosting, mulai dari pengertian, manfaat, hingga jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mulai membangun website, ya! Selain control panel, memilih hosting yang tepat juga tak kalah penting, lho. Gunakan Cloud Hosting dari IDCloudHost yang aman dan cepat dengan dukungan teknologi NVMe. Coba sekarang!

Sumber: https://idcloudhost.com/blog/mengenal-apa-itu-control-panel-cpanel-hosting-kelebihan-dan-kekurangannya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN

CONFIGURASI CONTROL PANEL HOSTING

KONFIGURASI KEAMANAN JARINGAN